Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk Berdahak

Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk Berdahak ~ Sesak nafas, atau dyspnea, adalah kondisi tidak nyaman yang membuatnya sulit untuk sepenuhnya mendapatkan udara ke dalam paru-paru Anda. Masalah dengan hati dan paru-paru dapat membahayakan pernapasan Anda. Beberapa orang mungkin mengalami sesak napas tiba-tiba untuk jangka waktu yang singkat. Orang lain mungkin mengalami dalam jangka panjang-beberapa minggu atau lebih.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk Berdahak

Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk Berdahak

Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk Berdahak ~ Jika Anda sesak nafas tidak disebabkan oleh suatu keadaan darurat medis, Anda bisa mencoba beberapa jenis rumah perawatan yang efektif untuk membantu meringankan kondisi ini. Banyak hanya melibatkan mengubah posisi, yang dapat membantu rileks tubuh Anda dan airways. Berikut adalah sembilan perawatan rumah yang dapat Anda gunakan untuk meringankan Anda sesak napas :

1. Pursed-bibir pernapasan

Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk Berdahak ~ Ini adalah cara sederhana untuk mengontrol sesak napas. Ini membantu dengan cepat lambat Anda Laju pernapasan, yang membuat setiap napas yang lebih dalam dan lebih efektif. Hal ini juga membantu melepaskan udara yang terjebak di paru-paru Anda. Dapat digunakan setiap saat Anda mengalami sesak napas, terutama pada bagian yang sulit dari kegiatan, seperti membungkuk, mengangkat benda, atau naik tangga.

Untuk melakukan pernapasan bibir diburu:

  • Bersantai otot leher dan bahu.
  • Perlahan-lahan napas dalam melalui hidung untuk dua hal, menjaga mulut tertutup.
  • Dompet bibir Anda seolah-olah Anda akan bersiul.
  • Napas keluar perlahan dan dengan lembut melalui bibir cemberut Anda untuk empat hitungan.

2. Duduk ke depan

Beristirahat sambil duduk dapat membantu rileks tubuh Anda dan membuat bernapas lebih mudah.

  • Duduk di kursi dengan kaki datar di lantai, condong dada Anda sedikit ke depan.
  • Lembut istirahat siku pada lutut atau memegang dagu Anda dengan tangan Anda. Ingat untuk menjaga leher dan bahu otot-otot rileks.

3. Duduk ke depan didukung oleh tabel

Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk Berdahak ~ Jika Anda memiliki sebuah kursi dan meja untuk digunakan, Anda mungkin menemukan ini menjadi posisi duduk sedikit lebih nyaman untuk menangkap napas.

  • Duduk di kursi dengan kaki datar di lantai, menghadapi meja.
  • Bersandar dada Anda sedikit ke depan dan beristirahat lengan Anda di atas meja.
  • Istirahat kepala Anda di lengan Anda atau bantal.

4. Berdiri dengan didukung kembali

Berdiri juga dapat membantu bersantai tubuh Anda dan airways.

  • Berdiri di dekat dinding, menghadapi, dan beristirahat pinggul Anda di dinding.
  • Menjaga kaki Anda lebar bahu terpisah dan istirahat tangan Anda pada paha Anda.
  • Dengan bahu Anda santai, ramping sedikit ke depan, dan menjuntai lengan Anda di depan Anda.

5. Berdiri dengan tangan yang didukung

  • Berdiri di dekat meja atau datar, kokoh sepotong furnitur yang hanya di bawah ketinggian bahu Anda.
  • Istirahat siku atau tangan pada sepotong furnitur, menjaga leher Anda santai Anda.
  • Istirahat kepala Anda di lengan Anda dan bersantai bahu Anda.

6. Tidur di posisi santai

Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk Berdahak ~ Banyak orang mengalami sesak napas sementara mereka tidur. Hal ini dapat mengakibatkan bangun sering, yang dapat mengurangi kualitas dan durasi tidur Anda.

Cobalah berbaring di sisi Anda dengan bantal di antara kaki Anda dan kepala Anda ditinggikan oleh bantal, menjaga punggung lurus. Atau berbaring telentang dengan kepala Anda ditinggikan dan lutut ditekuk, dengan bantal di bawah lutut.

Kedua posisi ini membantu tubuh Anda dan bersantai airways, membuat bernapas lebih mudah. Memiliki dokter Anda menilai Anda untuk tidur apnea dan menggunakan mesin CPAP jika dianjurkan.

7. Pernapasan diafragma

Pernapasan diafragma juga dapat membantu Anda sesak napas. Untuk mencoba gaya pernapasan ini:

  • Duduk di kursi dengan lutut bengkok dan santai bahu, kepala dan leher.
  • Tempatkan tangan Anda pada perut Anda.
  • Menghirup perlahan melalui hidung. Anda harus merasa perut bergerak di bawah tangan Anda.
  • Seperti yang Anda menghembuskan, mengencangkan otot-otot Anda. Anda harus merasa perut Anda jatuh ke dalam. Bernapas melalui mulut Anda dengan bibir cemberut.
  • Lebih menekankan pada napas daripada yang menghirup. Menjaga mengembuskan untuk lebih lama dari biasanya sebelum perlahan-lahan menghirup lagi.
  • Ulangi selama sekitar lima menit.

8. Menggunakan kipas angin

Satu studi menemukan bahwa udara dingin dapat membantu menghilangkan sesak napas. Menunjuk penggemar genggam kecil menuju wajah Anda dapat membantu gejala-gejala Anda.

9. minum kopi

Sebuah studi menunjukkan Kafein melemaskan otot-otot di saluran penderita asma. Ini dapat meningkatkan fungsi paru-paru hingga empat jam.

Perubahan gaya hidup untuk mengobati sesak napas

Ada banyak kemungkinan penyebab sesak napas, beberapa di antaranya serius dan memerlukan pelayanan gawat darurat. Kurang serius kasus dapat dirawat di rumah.

Perubahan gaya hidup yang Anda dapat untuk membantu menjaga sesak napas di Teluk meliputi:

  • berhenti merokok dan menghindari asap tembakau
  • menghindari paparan polusi, alergen dan racun-racun lingkungan
  • menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas
  • menghindari tenaga di ketinggian tinggi
  • tetap sehat dengan makan dengan baik, mendapatkan cukup tidur, dan melihat dokter untuk setiap masalah medis yang mendasari
  • setelah pengobatan disarankan rencana untuk setiap mendasari penyakit seperti asma, PPOK atau bronkitis.

Ingat, hanya seorang dokter dapat benar mendiagnosa penyebab Anda sesak napas.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Batuk Berdahak

Baca Juga :

Cara Mengecilkan Amandel Yang Sudah Besar

Cara Mengobati Kelenjar Ludah Yang Bengkak

Cara Mengecilkan dan Mengencangkan Payudara

Cara Mengobati Penyakit Liver Yang Sudah Parah

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Protected by WP Anti Spam