Cara Mengobati Prostat Yang Membengkak

Cara Mengobati Prostat Yang Membengkak – Prostat adalah kelenjar berbentuk kenari yang membungkus uretra (tabung yang mengeluarkan urin). Ini adalah bagian dari sistem reproduksi pria. Salah satu pekerjaan utamanya adalah menambahkan cairan (disebut sperma) ke sperma. Meski kelenjarnya mulai kecil, ia cenderung membesar seiring bertambahnya usia pria. Prostat yang terlalu membesar menghasilkan penyakit yang dikenal sebagai benign prostatic hyperplasia (BPH). Akhirnya, pembesaran prostat bisa menekan uretra, membatasi aliran urin dari kandung kemih. Hal ini menyebabkan masalah seperti sering buang air kecil , sulit buang air kecil , kebocoran saluran kemih, dan infeksi saluran kemih.

Cara Mengobati Prostat Yang Membengkak

Cara Mengobati Prostat Yang Membengkak

Ada beberapa pilihan pengobatan untuk pembesaran prostat. Pria dapat menggunakan obat alfa blocker seperti terazosin (Hytrin) untuk membantu mengendurkan otot prostat, atau antibiotik untuk prostatitis kronis (yang mungkin terjadi bersamaan dengan BPH). Mereka juga dapat menggunakan dutasteride (Avodart) atau finasteride (Proscar) untuk mengurangi gejala BPH. Mereka mungkin juga menjalani operasi untuk menghilangkan jaringan prostat ekstra. Satu prosedur bedah yang umum untuk BPH dikenal sebagai reseksi transurethral prostat (TURP).

Selain itu, ada juga solusi alami yang bekerja untuk melawan pertumbuhan prostat. Namun, buktinya masih bisa diperdebatkan apakah perawatan ini berhasil. The American Urological Association saat ini tidak merekomendasikan terapi herbal untuk mengelola BPH. Jika Anda ingin mencoba pengobatan alami ini, bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Saw Palmetto

Saw palmetto adalah obat herbal yang berasal dari sejenis pohon palem. Telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad untuk meredakan gejala kencing, termasuk yang disebabkan oleh pembesaran prostat. Menurut National Institutes of Health (NIH), beberapa penelitian skala kecil menyarankan bahwa melihat palmetto mungkin efektif untuk menghilangkan gejala BPH.

Namun, NIH melaporkan bahwa ketika penelitian lebih besar dilakukan, mereka tidak menemukan saw palmetto lebih efektif daripada pil tidak aktif (plasebo). Saw palmetto aman, dan tidak menyebabkan efek samping yang serius.

Beta-sitosterol

Obat prostat ini adalah campuran yang diambil dari berbagai tanaman yang mengandung zat mirip kolesterol yang disebut sitosterol. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa beta-sitosterol dapat meredakan gejala kencing BPH, termasuk kekuatan aliran urin.

Belum ada efek samping utama yang dilaporkan dengan penggunaan beta-sitosterol, walaupun dokter masih belum mengetahui semua efek jangka panjang dari obat alami ini.

Pygeum

Pygeum berasal dari kulit pohon plum Afrika dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati masalah kencing sejak zaman kuno. Ini sering digunakan untuk mengobati gejala BPH, terutama di Eropa. Karena studi tentang pygeum belum dirancang dengan baik, sulit untuk mengetahui dengan pasti apakah efektif. The American Academy of Family Physicians tidak merekomendasikan penggunaannya.

Namun, sebuah penelitian kecil yang dilaporkan dalam Terapi Komplementer di Pengobatan menemukan bahwa saat dipersiapkan dengan pengobatan herbal lainnya, ini membantu mengurangi jumlah perjalanan ke kamar mandi – baik di siang hari maupun di malam hari. Pygeum aman, tapi bisa menyebabkan sakit perut pada beberapa orang yang mengambilnya.

Rye Grass Pollen Extract

Ekstrak serbuk sari Rye terbuat dari tiga jenis serbuk sari rumput – gandum hitam, timothy, dan jagung. Sebuah tinjauan terhadap penelitian yang dipublikasikan di BJU International menemukan bahwa pria yang mengonsumsi ekstrak serbuk sari rye melaporkan peningkatan gejala mereka dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.

Suplemen ini nampaknya sangat membantu untuk mencegah kebutuhan bangun pada malam hari dan menggunakan kamar mandi. Hal ini juga bisa membantu pria buang air kecil lebih lengkap, sehingga ada sedikit air kencing yang tertinggal di kandung kemih sesudahnya.

Jelatang

Anda akan tahu jika Anda secara tidak sengaja menyentuh jelatang jelatang Eropa yang umum, karena rambut di daunnya dapat menyebabkan sentakan tajam rasa sakit yang hebat. Tapi jelatang menyengat bisa bermanfaat bila digunakan sebagai obat. Akar jelatang dianggap sebagai gejala BPH moderat, dan umumnya digunakan di Eropa. Namun, sebuah tinjauan tahun 2007 menyimpulkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian.

Kadang jelatang digunakan bersamaan dengan pengobatan BPH alami lainnya, seperti pygeum atau saw palmetto. Efek samping dari jelatang biasanya ringan, termasuk sakit perut dan ruam kulit .

Makanan untuk Mengobati BPH

Mengonsumsi satu jenis makanan atau lainnya mungkin tidak akan mencegah BPH atau menghilangkan gejalanya, namun diet sehat bisa membantu. Menurut Mayo Clinic , mengkonsumsi sayuran yang tinggi vitamin C dan seng terbaik untuk mencegah BPH dan menghilangkan gejalanya. Minum alkohol dalam jumlah sedang juga bisa membantu.

Penting untuk diingat bahwa hanya karena suplemen berlabel “alami” tidak selalu berarti aman atau sehat. Administrasi Makanan dan Obat AS tidak mengatur pengobatan herbal seperti obat-obatan. Itu berarti Anda tidak dapat benar-benar yakin bahwa apa yang tercantum pada label ada di dalam botol. Obat herbal dapat menyebabkan efek samping. Mereka juga bisa berinteraksi dengan obat lain yang Anda minum. Tanyakan kepada dokter Anda sebelum mencoba suplemen alami apapun.

Cara Mengobati Prostat Yang Membengkak

Post By : Acep Suherman Herbal

Artikel Menarik Lainnya :

Cara Memperbanyak Dan Mengentalkan Air Mani

Cara Menambah Air Mani Dalam Tubuh

Cara Mengatasi Lutut Kopong Secara Alami