Cara Menyembuhkan Perlengketan Usus

Jika Anda menghadapi operasi, Anda mungkin pernah bertanya-tanya tentang bekas luka Anda. Tapi apakah Anda berhenti memikirkan bekas luka lain – yang ada di dalam?

Cara Menyembuhkan Perlengketan Usus

Anda harus. Bekas luka dalam ini – jaringan tangguh yang terbentuk di antara jaringan dan organ perut Anda – dapat berkembang setelah operasi.

Juga dikenal sebagai adhesi perut , mereka membuat jaringan internal dan organ yang biasanya licin tetap menempel. Mereka juga bisa memutar dan menarik usus kecil atau besar Anda, yang menyebabkan penghalang. Dan itu bisa menyebabkan rasa sakit.

Tapi, saya memberitahu pasien saya, mereka adalah hasil bedah normal. Sembilan puluh tiga persen orang yang menjalani operasi perut mengalami adhesi, dan sebagian besar tidak memiliki masalah. Tidak mungkin untuk memprediksi berapa banyak jaringan parut yang akan Anda miliki. Ini bervariasi dari orang ke orang.

Jadi, jika Anda tidak bisa mencegah adhesi perut, bagaimana Anda bisa meminimalkan masalah ini? Inilah yang saya rekomendasikan

1. Pilih operasi minimal invasif

Metode No. 1 untuk meminimalkan adhesi abdomen adalah memiliki prosedur invasif – robotik atau laparoskopi minimal . Dewasa ini, sebagian besar prosedur memiliki pilihan invasif minimal, namun beberapa ahli bedah tetap tidak melakukannya.

Saya menyarankan pasien saya untuk bertanya tentang alternatif ini dan meminta rujukan jika mereka menginginkannya. Ada bukti jelas bahwa ada sedikit jaringan parut yang dihasilkan dari operasi laparoskopi.

Banyak hal dapat memicu adhesi: darah atau bekuan darah tidak dibersihkan setelah prosedur berlangsung, atau organ tubuh Anda mengering sedikit selama operasi berlangsung. Operasi invasif minimal mengurangi risiko ini. Karena sayatan lebih kecil, tidak ada sarung tangan bedah yang menyentuh organ dan bagian dalam tubuh Anda kurang terpapar udara, kehilangan darah juga kurang dengan teknik ini.

2. Jangan menunda operasi

Anda juga bisa membatasi jaringan parut jika sudah melakukan operasi tadi. Infeksi, seperti apendisitis atau divertikulitis , dapat memicu pertumbuhan bekas luka. Menangkap masalah ini sebelum ada pecahnya usus dapat membantu menangkal infeksi yang menyebabkan jaringan parut lebih banyak. Langkah-langkah ini juga menurunkan risiko penyumbatan usus.

3. Cobalah diet cair selama sehari

Sebagian besar adhesi perut tidak menyebabkan gejala, tapi jika memang benar, nyeri pada gas kram biasanya yang pertama muncul. Tanda peringatan lainnya – kembung, mual, muntah, dan sembelit – bisa menunjukkan penyumbatan usus .

Dokter mendiagnosis penghalang baik dengan CT scan atau dengan sinar-X dari rongga perut atau usus. Jika penyumbatan cukup parah, mereka bisa menyebabkan operasi lebih lanjut dan pertumbuhan jaringan parut tambahan.

Saya menyarankan pasien saya yang telah menjalani operasi untuk beralih ke makanan cair selama sehari jika mereka mulai mengalami perut kembung atau kram. Itu sering terjadi karena ketidaknyamanan akibat pertengkaran terkendali. Jika tidak, dan jika gejala memburuk, Anda perlu mengunjungi rumah sakit.

Dengarkan tubuh Anda

Yang terpenting, saya selalu mengingatkan pasien saya bahwa jika mereka memiliki jaringan parut, mereka dapat mengalami masalah pada setiap saat – bahkan bertahun-tahun setelah operasi.

Jika Anda sudah menjalani operasi perut, perhatikan tubuh Anda sehingga Anda bisa mengenali masalah lebih awal. Peradangan perut dari sumber lain, termasuk perawatan radiasi atau Penyakit Crohn , dapat menyebabkan masalah juga.

Operasi perut dan panggul yang lebih rendah membawa risiko adhesi yang lebih besar, dan bekas luka ini bisa bertambah besar seiring berjalannya waktu.

Bagi wanita, jaringan parut juga bisa menyebabkan masalah kesuburan. Adhesi dapat mencegah telur yang telah dibuahi mencapai rahim, dan meningkatkan risiko kehamilan ektopik .

Dengan mengikuti saran ini dan memperhatikan tubuh Anda, Anda dapat memiliki kontrol atas adhesi umum ini dan meminimalkan ketidaknyamanan Anda.

Cara Menyembuhkan Perlengketan Usus

Post By : Acep Suherman Herbal

Baca Juga :

Cara Mengobati Disfungsi Ereksi Secara Alami

Cara Mengobati Flek Paru Paru Secara Alami

Cara Mengobati Patah Tulang Tanpa Operasi